Thursday, May 11, 2017

Cara menghilangkan jerawat alami dengan jeruk nipis

Tags

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis Untuk kalian yang sering melakukan perawatan terhadap wajah dengan menggunakan bahan herbal pasti tidak asing lagi dengan jeruk nipis sebagai bahan untuk treatment rutin setiap harinya. Jeruk nipis atau dikenal dengan nama Citrus aurantifolia. Jeruk nipis telah ratusan bahkan ribuan tahun lalu dikonsumsi sebagai obat untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit. Sekarang jeruk nipis dikenal sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Walaupun jerawat itu sendiri timbul dari sejumlah faktor eksternal & internal.

Cara menghilangkan jerawat alami dengan jeruk nipis

Faktor eksternal & internal penyebab jerawat

Berikut ini adalah faktor Penyebab jerawat
    1. Paparan Sinar Ultra Violet, yang mana orang yang hidup di daerah tropis akan lebih sering terkena paparan sinar Ultra Violet.
    2. Menggunakan produk kosmetik yang salah atau tidak tepat.
    3. Menggunakan pelembab yang mengandung minyak, dengan demikian Penting memilih pelembab yang tidak mengandung minyak (oil free).
    4. Beberapa Obat-obatan tertentu yang dapat memicu jerawat. Misalnya obat yang didalamnya mengandung kortikosteroid.
    5. Pil KB, dapat menimbulkan jerawat yang berbentuk seperti kapsul dan sangat besar.
    6. Tangan yang tidak higienis, tempat tidur yang kotor, berdebu dan jarang mencuci muka.
    7. Merokok & minum-minuman yang mengandung alkohol.
    8. Makanan yang banyak mengandung minyak, makanan yang kurang sehat & pola makan yang tidak seimbang.

Pengertian jerawat


Pada American Academy of Dermatology, Jerawat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut jenis-jenis jerawat & tipenya. Komedo yang miliki warna hitam (blackheads) & komedo yang miliki warna putih (whiteheads).

Komedo muncul diakibatkan dari sel-sel kulit mati yang tersumbat & ditambah bakteri. Sumbatan tersebut menimbulkan pori-pori miliki warna hitam / putih. Komedo dikategorikan jerawat ringan, berikut uraiannya.

a. Komedo yang berwarna hitam (blackheads)


Komedo yang berwarna hitam / dikenal dengan komedo terbuka ini muncul di muka pada bagian kulit muka yang tidak dilapisi oleh epitel. Lokasi komedo ini terdapat disekitar bagian hidung.komedo tersebut relatif lebih mudah ditangani. silakan coba tips berikut : cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya.

b. Komedo yang berwarna putih (whiteheads)


Komedo putih dikenal sebagai komedo tertutup, yang nampak muncul kecil-kecil di bagian kulit muka yang dilapisi epitel kulit & terletak dibawahnya. Tempat komedo biasa terjadi pada lingkaran bawah mata dan sekitarnya. Komedo ini lebih sukar untuk ditangani dibanding komedo hitam.

Papula & pustula


Papula & pustula adalah jerawat yang memiliki ukuran lebih besar dibanding komedo & melebar. Papula & Pustula lebih susah diatasi dibanding komedo & dikategorikan jenis jerawat sedang. Berikut penjabarannya:

a. Papula


Adalah Istilah untuk komedo tertutup yang pecah. Papula menimbukan rasa nyeri jika tersentuh. Papula yang berkumpul / berkelompok akan membuat kulit terasa seperti amplas / kasar.

b. Pustula


Adalah istilah jerawat yang bentuk padat lalu bentuk tersebut mengalami perlunakan pada areal puncak, jika bentukkan tersebut pecah & mengeluarkan nanah. Pustula serupa dengan Papula, tapi warnanya akan kekuningan dikarenakan nanah tersebut. Atau pada kondisi lain tampak seperti melepuh.

Nodul & Kista


Nodul & Kista adalah jenis jerawat yang memiliki jenis yang berbeda dibanding 2 jenis jerawat diatas, karena jenis jerawat ini berada pada bagian lapisan kulit. Olehkarena itu 2 macam jerawat ini bisa menyebabkan trauma diwajah / bekas luka. Nodul & Kista dikategorikan kedalam jerawat berat.

Nodul berbentuk seperti kapsul dibawah kulit, jika anda menekanan dan mengeluarkan jerawat ini dengan tanaga maka dapat menerbitkan luka & trauma di kulit. Kista yang berisi nanah & lunak dan kelihatan lebih besar. Lebih baik jangan memecahkan sendiri jerawat ini, karena akan menimbulkan perdangan sampai demam. Serta memakan waktu yang lama untuk menyembuhkannya.

Salah satu perawatan pada wajah yang berjerawat dapat kita lakukan untuk Mengendalikan minyak dengan menggunakan jeruk nipis, berikut bermacam temuan yang terkandung didalam jeruk nipis.

Kandungan pada jeruk nipis


    1. Minyak atsiri atau juga dikenal dengan nama minyak esensial, berguna untuk anti bakteri & anti jamur.
    2. Linalool, adalah alkohol terpene alami yang memiliki aroma khas.
    3. Vitamin A, dikenal sebagai dengan Retinol, biasanya orang mengenalnya untuk menjaga kesehatan mata. Akan tetapi vitamin A juga berfungsi untuk mengenyalkan kulit sebab dapat melembabkan & mencegah penuaan dini.
    4. Vitamin B, bisa sangat membantu proses metabolisme pada tubuh.
    5. Vitamin C, mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Dikenal sebagai Asam askorbat. Selain itu juga bisa membentuk kolagen.
    6. Sinefrin, bisa menstimulasi lipolisis untuk membakar lemak, namun, belum ada bukti secara ilmiah yang menyatakan jeruk nipis mampu menurunkan berat badan secara drastis. Namun Bisa meningkatkan tekanan darah, bila terlalu banyak dikonsumsi.
    7. Flavonoid, bergunak untuk antioksidan.
    8. Herperidine, zat ini berguna sebagai antiinflamasi & juga antioksidan.
    9. Rhoifolin & Naringin dikategorikan kedalam flavanoid

Asam Alfa hidroksi yang terkandung pada Jeruk Nipis.


Salah satu komposisi pada jeruk nipis ialah AAH yakni Asam Alfa Hidroksi, dalam dunia medis AAH adalah suatu senyawa yang bisa meluruhkan dinding luar pada kulit, yang mana dinding luar itu adalah sel-sel yang telah mati. Sel-sel ini jika tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori kulit. Ketika pori-pori tersumbat maka akan menyebabkan kulit memproduksi minyak yang terlalu banyak. Dengan menggunakan jeruk nipis anda bisa mengurangi jumlah produksi minyak di pori-pori kulit.
Daun jeruk nipis yang mengandung Antimikroba

cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

Cara menghilangkan jerawat alami dengan jeruk nipis

Pada sebuah jurnal, bukan hanya buah jeruk nipis yang berguna tetapi daunnya juga, Asian Journal of Biochemical and Pharmaceutical Research, tahun 2012 pada daun jeruk nipis juga merupakan sumber antioksidan alami dan mengandung antimikroba yang bisa dimasukan kedalam formulasi racikan obat. Dalam sebuah pengujian sampel berisi, esensial ekstrak daun jeruk nipis ditambah dengan bakteri patogen ditemui pengaruh yang signifikan. Dalam aktivitas bakteri pada pengujian ini dihambat oleh ekstrak daun jeruk nipis. Hal ini serupa dengan kinerja antibiotik umumnya. Yang mana antibiotik dapat menghambat pertumbuhan bakteri.
Jeruk nipis lebih efektif jika dibandingkan dengan sulfur atau anda bisa Menghilangkan jerawat dengan madu

Minyak atsiri yang terdapat didalam ekstrak jeruk nipis mempunyai antibakteri yang cukup baik melawan Staphylococcus Epidermidis, bakteri kulit yang menyebabkan jerawat. Jika dibandingkan dengan Sulfur. Sulfur kerap digunakan untuk obat kulit. Hal ini terlihat pada sebuah percobaan eksperimental di laboratorium Department of Medical Microbiology, Faculty of Medicine, Universitas Airlangga. Minyak atsiri efektif membasmi bakteri karena mengandung anti bakteri & lebih efektif jika dibandungkan dengan sulfur. Penghambatan bakteri pada minyak atsiri ini, secara konsisten menyusutkan aktivitas bakteri.

Perawatan Muka Berjerawat menggunakan Jeruk Nipis


Berikut tahap persiapan yang harus dilakukan berdasarkan kosmetologi supaya mendapatkan hasil yang maksimal, sebagai berikut.

Persiapan :

    1. Rambut diikat & poni dirapikan supaya tak mengenai wajah, anda dapat merapikannya menggunakan bando dari kain handuk atau topi plastik penutup rambut.
    2. Siapkan bahan & perlengkapan yang digunakan. Bahannya 2-3 buah jeruk nipis, putih telur bila ingin menambah kekencangan wajah, handuk, & air putih dalam baskom atau wadah untuk membilas.
    3. Cuci tangan hingga bersih sebelum melakukan perawatan, sebab kuman ditangan bisa meyebar ke wajah ini akan membuat hasil perawatan menjadi sia-sia.

Tahap ke-2 perawatan :

    1. Bersihkan muka dari kotoran dan sisa make up. Bahan yang digunakan untuk membersihkan dapat dengan memakai susu pembersih / sabun wajah. Bila susu permbersih berisi susu/krim
    2. mengandung pengemulsi seperti minyak mineral jadi sabun wajah telah memiliki pH yang seimbang. Tentunya tidak memakai sabun badan soalnya sifat basanya tidak seimbang pada kelembaban kulit wajah.
    3. Pakai astringent / penyegar sehabis meggunakan susu pembersih menggunakan kapas.
    4. 2-3 buah jeruk nipis setelah itu tekan terlebih dahulu sebelum dibelah, hal ini berguna supaya air yang dihasilkan dari jeruk nipis tersebut lebih banyak. Apabila ingin menambahkan albumen dari terlur maka campurkan sebagian buah jeruk nipis itu dengan satu butir putih telur yang telah dikocok kaku.
    5. Oleskan secara merata pada dibagian wajah lalu diamkan 15 menit jika masker jeruk nipis ditambahkan telur / sampai kering bila tanpa menggunakan telur, sampai meresap kedalam pori kulit. Olesan diusahakan merata supaya mendapatkan warna cerah muka yang juga merata.
    5. Tapi beberapa sumber mengatakan pengolesan jeruk nipis dapat dibiarkan sampai semalaman.

Tahap ke-3 menyempurnakan

    1. Sehabis meggunakan masker lalu bilas muka menggunakan air hangat.
    2. Pada saat menggunakan masker untuk kulit berjerawat jangan melakukan pemijatan pada wajah sebab hal tersebut akan mengakibatakan kulit menjadi infeksi. Terutama bagi yang mengalami masalah kulit sebab bisa meluas ke bagian kulit lainnya.
 
Lakukan 2 kali seminggu dengan teratur.

Menjaga kesegaran kulit muka dengan uap jeruk nipis & aroma terapi


Penguapan berfungsi supaya pori-pori dapat terbuka lebih lebar & gampang untuk melakukan perawatan serta Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan penguapan.

Siapkan baskom besar berisi air mendidih, jeruk nipis yang sudah dipotong, aroma terapi seperti lavender sekitar beberapa tetes / daun mint kira-kira 4 lembar & handuk bersih yang lebar.
Posisikan muka anda diatas ember & kerudungkan kepala memakai handuk lebar tersebut. Air di baskom tadi dimasukkan jeruk nipis yang sudah dipotong tadi & beberapa tetes lavender / beberapa lembar daun mint tadi.
Lama penguapan pada kulit yang sensitif lebih kurang 3 menit sedangkan bagi kulit berminyak 8-12 menit.
Selain wajah diuapi juga bisa menghirup aroma terapi itu untuk merelaksasi pernafasan & menenangkan.
Manfaat yang diperoleh dari perawatan wajah menggunakan jeruk nipis

    1. Jeruk nipis bisa mengurangi sampai menghilangkan peradangan jerawat, sebab mengandung anti inflamasi / anti radang.
    2. Jeruk nipis bisa mengurangi sampai menghilangkan komedo
    3. Jeruk nipis bisa mencerahkan kulit karena terdapat Vitamin C yang tinggi.
    4. Selain mencerahkan kulit, kegunaan jeruk nipis juga bisa membuat flek-flek hitam berkurang.
    5. Mengurangi kandungan minyak di wajah.
    6. Banyak mengandaung vitamin A. yang mana jeruk nipis bisa mengencangkan kulit & mencegah keriput
    7. Vitamin A & C yang terkandung juga bisa menghaluskan kulit.
    8. Bisa mengangkat sel-sel kulit mati.
    9. Mengeringkan luka yang diakibatkan oleh jerawat. Karena jeruk nipis terdapat antiseptik.
    10. Meratakan warna di wajah yang tidak rata.
    11. Mengurangi noda hitam akibat paparan sinar UV.
    12. Mengurangi kulit wajah yang terlihat kusam karena jerawat.
    13. Bisa membersihkan sisa-sisa kosmetik yang tertinggal yang belum terangkat dari susu pembersih ataupun penyegar.
    14. Mengurangi / menghilangkan jerawat untuk muncul kembali karena berguna sebagai anti bakteri, jeruk nipis mampu efektif mengurangi sampai membunuh baketri penyebab jerawat.
    15. Bisa mengenyalkan muka.
    16. Melarutkan sisa-sisa lemak diwajah.
    17. Membuat anda tampak lebih muda, karena kandungan antioksidan yang tinggi dapat menegah radikal bebas.

Jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat nasi. Demikian telah kami bahas tentang manfaat jeruk nipis yang mudah kita temui di iklim tropis seperti Indonesia, tips ini juga sangat cocok untuk anda yang memiliki alergi bahan-bahan kimia, maka jeruk nipis dapat sebagai bahan alternatif untuk digunakan. Penerapan yang teratur akan membuat hasil yang lebih maksimal.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon