Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Apa itu jerawat?



Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat


Jerawat adalah lesi kulit atau radang yang terjadi saat kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) di kulit terinfeksi bakteri dan membengkak. Jerawat juga dikenal sebagai pustula atau papula, bintik-bintik, dan jerawat. Kelenjar sebaceous yang ada di seluruh kulit, kecuali di telapak tangan dan telapak kaki, mengeluarkan zat lilin atau berminyak yang disebut sebum. Sebum membantu menjaga keseimbangan minyak pada kulit dan membuatnya terlihat sehat. Bila ada kelainan pada kelenjar sebaceous, jerawat pun dapat berkembang.

Kelebihan sekresi sebum oleh kelenjar minyak adalah penyebab utama dibalik masalah ini. Jerawat umumnya terjadi pada wajah, leher, punggung dan bahu. Meski bukan kondisi medis yang kritis atau serius, namun jerawat bisa membuat seseorang merasa sangat sengsara karena penampilan mereka.

Ada banyak lotion dan obat-obatan yang di pasaran untuk mengobati jerawat, tapi itu bisa memakan waktu. Banyak metode alami yang efektif dalam mengobati jerawat dalam waktu yang sangat singkat.


Apa Penyebab Jerawat?


Dokter menyarankan agar segera mengobati jerawat agar tidak menyebar. Jerawat, jika tidak diobati, bisa meninggalkan bekas luka pada kulit, yang menjadi sangat sulit dikeluarkan. Jerawat bisa berkembang karena berbagai sebab. Berikut adalah beberapa hal penyebabnya:

1. Sel Kulit Mati


Kulit menumpahkan lapisan sel kulit mati. Beberapa sel kulit mati terjebak pada sebum, yang menyebabkan penyumbatan pori-pori. Pori-pori yang tersumbat ini menjadi jerawat.

2. Keturunan


Jika anda memiliki masalah genetik, jerawat di wajah akan terulang kembali sepanjang hidup anda. Alasan genetik di baliknya adalah bahwa kelenjar sebasea yang hiperaktif menghasilkan banyak sebum, yang menyebabkan pembentukan jerawat. Dalam kasus ini, Anda harus berkonsultasi dengan spesialis kulit sebagai pengobatan di rumah dan metode alami mungkin tidak memberikan solusi permanen untuk masalah anda. Untuk jerawat atau jerawat yang sangat serius, obat-obatan diperlukan untuk jangka waktu tertentu. Prosedur seperti chemical peels dan microdermabrasion bisa sangat efektif karena meminimalkan terjadinya jerawat dan juga mengurangi bintik jerawat dan noda.

3. Masa Pubertas (remaja)


Jerawat biasanya terjadi saat pubertas, baik laki-laki maupun perempuan pasti menghadapinya. Ketika tubuh mengalami perubahan fisik dan bersiap untuk reproduksi, kelenjar sebaceous menjadi terlalu aktif. Pembentukan sebum juga menghalangi pori-pori dan menyebabkan jerawat

4. Jerawat Hormonal / Jerawat


Jika anda berpikir bahwa anda tidak perlu takut lagi pada jerawat karena anda bukan lagi remaja, persepsi anda itu salah. Karena jerawat atau jerawat dewasa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Ini adalah gejala PMS yang sangat umum dan juga terjadi selama masa menopause.

5. Pertumbuhan Bakteri


Sebum diakumulasi di balik pori-pori yang terblokir. Sebum ini yang terbentuk di balik pori-pori yang tersumbat mengandung bakteri. Bakteri yang tumbuh lambat, jerawat Propionibacterium, tumbuh subur secara alami di kulit. Bila kondisinya sudah sesuai, bakteri ini menyebar dan menyebabkan jerawat yang menyakitkan. Ini memberi makan sebum dan menghasilkan zat yang menyebabkan respons kekebalan dan juga menyebabkan peradangan pada kulit

6. Produk Susu Dan Makanan Glikemik Tinggi Menyebabkan Jerawat


Sebuah laporan yang dipresentasikan oleh New York University dan dipublikasikan di The Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan bahwa mengonsumsi makanan glikemik tinggi seperti roti dan minuman manis yang kadar gulanya tinggi dapat menyebabkan jerawat. Terlalu banyak produk susu juga tidak baik untuk kulit anda, meski mengandung kalsium tinggi. Jerawat ini bisa dikoreksi dengan mengikuti diet yang tepat.

7. Makanan berminyak


Inilah alasan paling penting untuk pembentukan terjadinya jerawat pada generasi sekarang. Karena terlalu sering mengkonsumsi makanan olahan (berminyak), dapat memicu kelenjar minyak anda dan menghasilkan sebum, yang menyebabkan jerawat, komedo, dan berjerawat.

8. Obat-obatan Penyebab Jerawat


Beberapa obat epilepsi dan obat-obatan yang mengandung androgen di dalamnya menyebabkan jerawat.

9. Stres


Penyebab utama jerawat lainnya adalah stres. Fungsi tubuh anda akan menjadi terganggu saat anda sedang stres, dan ini dapat memicu jerawat. Stres sendiri tidak bisa menyebabkan jerawat, tapi justru memperparah masalah dengan melepaskan bahan kimia peradangan yang disebut neuropeptida.

Dan masih banyak lagi sebab penyebab yang menyebabkan jerawat.

Dan berikut adalah 10 cara terbaik untuk menyingkirkan atau menghilangkan jerawat dengan cepat.



1. Es


Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Es bisa digunakan untuk cepat mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat. Ini membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terkena, mengencangkan pori-pori kulit dan menghilangkan kotoran serta akumulasi minyak pada kulit. Anda bisa menggunakan es batu untuk metode ini, atau es apa saja yang menurut anda nyaman.

Cara penggunaan;

● bungkus es pada sehelai kain dan tahan di area kulit yang berjerawat selama beberapa detik.
● tunggu beberapa menit dan ulangi prosesnya.


2. Lemon


Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat


Metode cepat lainnya untuk menghilangkan jerawat adalah dengan penggunaan jus lemon, karena jus lemon ini kaya akan vitamin, terutama vit C. Jus lemon dapat membantu jerawat lebih cepat kering. Dan pastikan untuk selalu memakai jus lemon segar dan bukan jus dalam kemasan, karena banyak akan kandungan pengawet. Ada beberapa cara untuk menerapkan obat ini.

● celupkan kapas atau kain yang bersih ke dalam jus lemon segar dan oleskan ke kulit yang terkena jerawat, pastikan pemakaiannya sebelum anda beranjak tidur ya.

● anda juga bisa mencampur satu sendok makan jus lemon dengan satu sendok teh bubuk kayu manis dan oleskan pada daerah kulit yang ada jerawat nya selama semalaman. Di pagi hari nya, cuci kulit dengan baik dengan air hangat.

Namun, obat khusus ini tidak sesuai untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.


3. Minyak Tea Tree



Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat


Minyak pohon teh sangat bagus untuk mengobati jerawat dan bekas nya. Karena mempunyai sifat antibakteri yang dapt membantu melawan bakteri penyebab masalah kulit.

Plus juga mempunyai sifat yang menenangkan, membantu serta mengurangi kemerahan pada kulit dan radang jerawat. Ini juga membantu mengeringkan komedo dan whiteheads.

Cara pakai:

● hanya dengan mencelupkan kapas atau kain kedalam minyak esensial pohon teh ini dan oleskan di daerah yang berjerawat. Lalu bilas wajah anda setelah lima belas sampai dua puluh menit.

● pilihan lainnya anda dapat juga dengan mencampur beberapa tetes minyak pohon teh dalam 1 sendok makan dengan gel aloe vera. Oleskan pada noda jerawat, biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas.

Catatan: jauhi atau hindari metode dari minyak pohon teh ini jika anda memiliki kulit sensitif.


4. Pasta gigi


Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat


Pasta gigi yang anda gunakan setiap hari untuk membersihkan gigi anda juga bisa digunakan untuk merawat jerawat dengan cepat. Ini paling efektif bila digunakan dengan bersamaan dengan cara es yang telah di bahas di atas tadi. Anda harus menggunakan pasta gigi putih; hindari menggunakan pasta gigi gel.

Cara pakai:

● oleskan beberapa pasta gigi putih di atas area kulit yang terkena sebelum anda tidur.
● keesokan hari atau pagi nya, cuci muka anda dengan air.

Jika anda mau, anda juga bisa mengulang prosesnya di siang hari. Pastikan pasta gigi tetap menempel pada jerawat setidaknya setengah jam.


5. Uap


Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat


Mengukus sangat bagus untuk kulit anda kapan saja, tapi yang utama adalah bila anda memiliki jerawat. Karena uap akan membuka pori-pori kulit dan membiarkan kulit anda untuk bernafas. Ini akan membantu menghilangkan minyak, kotoran dan bakteri yang terjebak dalam pori-pori kulit anda, yang dapat menyebabkan infeksi atau pembengkakan.

Cara pakai:

● isi wadah besar dengan air panas dan biarkan uap nya bersentuhan atau mengenai ke wajah anda selama beberapa menit.
● setelah wajah anda di keringkan, bilaslah wajah anda dengan air hangat, dan oleskan pelembab bebas minyak.


6. bawang putih


Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat
Bawang putih merupakan antiviral, antijamur, antiseptik dan zat antioksidan yang dapat membantu dalam pengobatan cepat pada jerawat. Sulfur dalam bawang putih juga bisa mempercepat penyembuhan jerawat.

Cara penggunaan:

● potong cengkeh bawang putih segar menjadi dua bagian.
● gosok-gosoklah bawang putih pada kulit yang berjerawat dan biarkan selama lima atau sepuluh menit sebelum anda mencucinya dengan air hangat.

Ulangi perawatan ini beberapa kali dalam sehari.

Dengan mengonsumsi satu cengkeh bawang putih mentah setiap hari juga bisa membantu menyucikan atau membersihkan darah anda. Tapi harus anda ingat, jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih mentah karena bisa mengganggu kesehatan perut anda.


7. Baking Soda


Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Baking soda adalah ramuan obat rumahan yang lumayan efektif untuk menghilangkan jerawat karena membantu kulit mengelupas untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran dan sel kulit mati.

Cara penggunaan:

● buatlah baking soda tersebut menjadi pasta kental dengan mencampur satu sendok teh baking soda dengan air atau jus lemon.
● cuci kulit anda dengan baik, biarkan agak lembab. Oleskan pasta pada area yang terkena dan biarkan mengering selama beberapa menit. Jangan sekali-kali menggunakan baking soda di kulit anda lebih lama dari beberapa menit karena bisa menyebabkan kekeringan atau iritasi.
● cuci muka dengan air hangat.
Ulangi prosesnya dua kali sehari untuk hasil yang cepat.


8. Madu


Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat


Madu merupakan sumber antibiotik alami yang bisa mempercepat proses penyembuhan, sekaligus dapat membantu mencegah infeksi.

Cara pemakaian:

● celupkan kapas bersih ke dalam madu, oleskan di tempat yang berjerawat dan biarkan selama setengah jam.
● cuci kulit dengan baik (bersih) dengan air hangat.

Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.


9. Mentimun


Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat


Mentimun merupakan sumber potassium dan vitamin yang kaya seperti A, C dan E. Ini juga memiliki efek pendinginan dan menenangkan pada kulit.

Cara pakai:

● potong satu atau dua buah mentimun segar menjadi beberapa potongan.
● rendamlah di dalam air selama sekitar satu jam. Nutrisi, seperti vitamin A, potassium dan klorofil akan dialirkan ke air.
● saring air dan minumlah, atau gunakan air untuk mencuci muka.

Anda juga bisa membuat masker wajah dengan menggiling satu mentimun. Oleskan masker di wajah anda dan biarkan hingga kering selama 15 menit. Cuci kulit anda dengan air hangat. Ini akan membantu membersihkan kotoran dan bakteri di pori-pori Anda.


10. Pepaya


Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat


Buah pepaya memiliki sejumlah khasiat yang membantu dalam pengobatan jerawat. Karena pepaya merupakan sumber antioksidan vitamin A yang baik, dan memiliki enzim yang membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit anda lembut dan halus.

Cara pemakaian:

● hancurkan potongan pepaya mentah untuk mengekstrak jusnya dan menerapkannya di jerawat anda.
● biarkan selama 10 sampai 15 menit sebelum anda membilasnya.

Untuk membuat masker wajah nya, anda bisa mengambil beberapa potongan pepaya dan hancurkan, serta tambahkan sedikit madu. Oleskan pasta ini ke wajah dan pijat dengan lembut. Biarkan sampai benar-benar mengering dan kemudian anda bisa membilasnya.
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat
Next
This Is The Current Newest Page